Need for Speed

Need for Speed: Shift
 
Nama seri Need for Speed (NFS) adalah jaminan kualitas sebuah game balapan selama satu dekade ini. Walaupun terkenal, belakangan di era PS2 dan PS3, game Need for Speed kurang berkibar bila dibandingkan pada era PC. Ketika Need for Speed: Undercover penjualannya mengalami penurunan drastis, EA semakin yakin kalau penggemar NFS membutuhkan sesuatu yang baru.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut EA kembali mengembalikan seri Need for Speed ke akarnya yang paling dasar dan lahirlah sebuah Need for Speed yang memiliki balapan sirkuit dengan gameplay simulasi.

Berbeda dengan seri Forza dan Gran Turismo (GT) yang dari awal memang sudah membidik simulasi balap, Need for Speed: Shift memulai segala sesuatunya dari nol. EA tampaknya tidak ingin membuang semua ciri khas Need for Speed, untuk itu EA tetap memakai basis pengembangan gameplay yang bersifat arcade, plus tambahan bumbu elemen simulasi.

Saat pertama kali memainkan game ini, Anda akan menjalani test lap. Bila cara mengendarai mobil asal-asalan dan tidak terkendali, maka game ini akan menyarankan untuk memakai tipe easy, yang penuh dengan bantuan agar Anda tetap bermain. Tetapi apabila berhasil menyelesaikan lap dengan sempurna, game ini akan menawarkan pengguanaan advance. Walaupun memiliki kontrol advance, elemen simulasi yang ditawarkan oleh Need for Speed: Shift masih berada di bawah seri Forza dan GT.

Kekurangan ini merupakan hal yang disengaja, soalnya bermain Need for Speed tanpa melihat tarikan mobil yang tidak masuk akal ataupun Nitro yang kelewat cepat akan terasa hambar. Mobil yang ada di Need for Speed: Shift tidak memiliki kerusakan yang realistik. Anda akan tetap memang bisa membuat sebuah mobil BMW penyok, tetapi kerusakan tersebut hanyalah sebatas tampilan semata.

Dengan fitur yang ada di dalam game ini ridak salah kalau NFS: Shift bisa disebut sebagai perkawinan antara arcade dan simulasi. Semua itu didukung dengan keseimbangan antara kedua elemen tersebut dan kesenangan yang bertahap dari elemen simulasi maupun arcade.

NFS: Shift memakai gameplay berlemen RPG. Pada intinya kita akan mendapatkan experince (EXP) yang bergantung pada performa saat balapan. Apabila Anda berhasil terus-menerus berada di garis yang sudah ditentukan dan membelok dengan mantap, bisa dipastikan Anda akan mendapatkan poin yang tinggi sebagai pengendara yang akurat.

Begitu pula apabila menabrak musuh dengan agresif dan membelok dengan asal-asalan, maka poin agresifitas akan meningkat. Sampai pada ttitik tertentu kedua poin ini bisa kita lihat hasilnya, apakah Anda seorang pengendara yang agresift atau seorang pengendara akurat.

Karena memiliki sistem layaknya sebuah game RPG, maka Anda akan memiliki tingkatan level. Sayangnya level yang disediakan oleh NFS: Shift hanya mencapai 50 tingkat. Apabila Anda telah mencapai level tersebut tidak ada hal lain yang bisa dilakukan. Untunglah kekecewaan tersebut sedikit terobati dengan hadrinya 70+ mobil yang bisa dipakai.

Kekurangan lain yang juga akan terasa bagi gamers yang suka peningkatan status adalah mode karir yang singkat. Dapat dilihat dari waktu untuk menyelesaikan game 100% hanya membutuhkan waktu kurang lebih delapan jam. Waktu delapan jam tersebut terasa singkat bila dibandingkan dengan pengalaman memainkan seri NFS terdahlu.

Untuk mode online di NFS: Shift terbukti asyik untuk dimainkan. Ada dua mode yang bisa kita pakai untuk bermain online, antara lain mode Versus yang mengijinkan kita untuk beradu cepat dengan tujuh orang pembalap sekaligus dan mode Driver Duel. Dalam mode ini kita harus mengejar pembalap yang ada di depan kita, pengejar dan yang dikejar dapar berganti-gantian memainkan perannya. Bila memenangkan banyak even Driver Duel ada kemungkinan Anda bisa mengikuti Driver Duel Championship.

NFS: Shift adalah sebuah improvisasi yang menarik dari serial NFS, mulai dari visual, mobil, sirkuit, semuanya mengalami penambahan detil dan efek. Hebatnya, semua penambahan tersebut tidak mengorbankan framerate. NFS: Shift juga memiliki adegan prerender yang menghiasi sepanjang permainan.

Adegan prerender tersebut sangat keren dan detil, tidak seperti NFS-NFS sebelumnya yang cendrung terlihat seperti kartun. NFS: Shift memiliki kumpulan soundtrack yang generik NFS sehingga Anda pasti tidak akan merasa asing dengan genrenya. Untuk urusan suara NFS: Shift memiliki koleksi suara yang mengagumkan, sebagai contoh, setiap suara mesin memiliki ciri khas masing-masing. (ash-EA)

Colin McRae: DiRT 2

Developer: Codemasters
Publisher: Codemasters
SCEE (PS3/PSP di Eropa)
Namco Bandai (Austraila)
Platform: Microsoft Windows, PlayStation 3, Wii, Xbox 360, Nintendo DS, PlayStation Portable
Release date: September 2009
Genre: Racing
Mode: Single-player, Multi player
Rating ESRB: T (Remaja)

Lupakan jalur balap beraspal dan mobil bersih serta mengkilap, saatnya balapan di jalur tanah liat dan jalan setapak, mulai dari mobil boogie sampai truk sebesar pemimpin para Autobots, Optimus Prime.

Sebagai game balap, suatu game tentunya akan terasa lebih menarik untuk dimainkan apabila game tersebut tidak hanya sekedar memasukkan Arcade mode di dalamnya. Hampir setiap game balap pada saat ini tentunya sudah menyertakan mode lain yang dapat membuat nilai gameplay-nya semakin baik dengan durasi dan juga kemasan yang menarik. Dengan kata lain, tentunya sebuah game balap membutuhkan mode lain sehingga membuatnya lebih asyik dan punya nilai lebih untuk dimainkan.

DiRT 2 terbilang cukup sukses dalam mengemas gameplay di dalamnya. Tidak seperti game balap pada umumnya yang cenderung membagi beberapa mode-nya ke dalam menu-menu, DiRT 2 sebagai sebuah simulasi balap, menempatkan Anda pada posisi seorang pembalap baru dengan tampilan orang pertamadan interface dari suatu Recreational Vehicle (RV) sebagai markas dimana Anda bisa langsung mengakses berbagai ragam menu dari dalamnya.

Sebagai seorang racer baru di dunia balap, Andapun berhak menentukan karakter yang Anda inginkan beserta dengan kebangsaannya. Seperti pad seri sebelumnya, Codemasters kembali memasukkan Indonesia sebagai salah satu kebangsaan yang ada.

Mode utama dari game ini adalah DiRT Tour, dimana Anda akan menjalani sejumlah event race yang digelar di berbagai negara. Anda akan memulai debut balapan untuk pertama kali di London dengan modal awal sebuah Subaru Impreza standar.

Dengan menyelesaikan pertandingan, Anda akan mendapatkan sejumlah uang yang bisa digunakan untuk membeli mobil baru dan juga reward seperti liveries (variasi tampilan skin mobil), suara klakson, serta macam-macam pajangan windshield atau pajangan dashboard. Tidak hanya itu, game balap ini juga menyertakan fitur level up pada gameplay Career mode.

Dengan begitu, setiap pertandingan yang Anda mainkan akan menghasilkan sejumlah XP (experience points) yang menandakan progress di dalam game. Semakin banyak XP Anda, maka level pun akan semakin tinggi dan juga berarti dapat membuka lebih banyak pilihan negara beserta dengan mode balapnya.

Berbicara mengenai mekanisme gameplay di dalam kemudinya, jangan samakan game balap sekelas DiRT dengan game balap lain yang hanya sekedar mengandalkan tombol gas serta bantuan nitro untuk bisa sampai pada kemenangan. Anda membutuhkan ketepatan yang lebih dalam memanfaatkan tombol gas dan rem, ditambah dengan penguasaan terhadap permukaan jalan.

Anda yang pernah memainkan DiRT sebelunyan tentu tauh salah satu fitur menarik dari seri ini menyertakan seorang co-driver yang memiliki kegunaan dalam pertandingan untuk membantu navigasi pada suatu trek balap.

DiRT 2 juga kembali menyertakan fitur flashback untuk mengembalikan kondisi mobil pada kondisi sesaat sebelum Anda mengalami kerusakan akibat tabrakan. Meskipun game ini terbilang cukup sulit untuk pemula, setidaknya game ini menyertakan option untuk mengatur tingkat kesulitan menjelang pertandingan.

Game ini memiliki lima jenis balapan dengan berbagai variasi modenya dan juga event khusus seperti X-Games. Dengan memainkan banyak pertandingan, maka level dari karakter pembalap kamu pun bisa meningkat dan membuka lebih banyak lagi rewards yang ada.

Sebagai salah satu nilai lebihnya, bagi Anda yang pengguna konsol xbox360, fitur multiplayer online dapat Anda mainkan melalui Xbox Live. Bermain point to point rally bersama dengan gamers lain sepertinya pastinya akan memberikan nuansa tersendiri dalam balapan.

Soal grafis, Codemasters layak buat diacungi jempol. Seri pertama Grid dapat meraih gelar sebagai salah satu game dengan tampilan grafis terbaik untuk game balap sekelasnya saat itu. Kini, dengan dasar grafis tersebut, Codemasters telah menambahkan sejumlah peningkatan di berbagai sektor. Model-model mobil yang ada di dalam game ini ditampilkan dengan visualisasi yang semakin mendetil.

Efek-efek seperti benturan dan sebagainya diperlihatkan dengan baik. Ada dua kemungkinan buat Anda untuk sampai pada garis finish, sampai dalam kondisi yang masih wajar sebagai juara, atau sampai di garis finish sebagai rongsokan.

Pilihan trek dari berbagai negara pun menawarkan tantangan dan nuansa yang cukup beragam. Selain itu, setiap mobil juga memiliki tampilan dalam kokpit mobil yang berbeda dengan beberapa atribut dalam yang bisa Anda tambahkan.

Untuk kualitas suara dalam game ini juga mengalami peningkatan. Dalam permainan, suara navigasi dari co-driver memiliki pengaruh yang cukup berarti untuk mendukung Anda sampai di garis finish. Di dalam balapan pun para pembalap lainnya dapat merespon benturan yang Anda lakukan terhadap mereka. Musik latar yang diperdengarkan juga asyik untuk dinikmati. (ash-Codemaster)

Developer: Slightly Mad Studios
Publisher: Electronic Arts
Platform: PlayStation 3, PlayStation Portable, Microsoft Windows, Xbox 360, Mobile phone, iPhone OS, iPod Touch
Release date: September 2009
Genre: Racing
Rating ESRB: E (Semua umur)

Miliki Game-nya di Amhay dan Gallery Nusantara

This entry was posted in Game and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s