Mask of the Lunar Eclipse

Fatal Frame: Mask of the Lunar Eclipse
Fatal Frame adalah salah satu dari franchise game ternama yang pernah ada. Dengan mekanisme permainannya yang cukup unik (menggunakan kamera untuk mengalahkan musuh), game ini dengan cepat berhasil mendapatkan tempat tersendiri di hati para gamer penggemar horror.

Franchise ke-empat dari Fatal Frame yang hanya dirilis beberapa waktu lalu untuk Wii berjudul Fatal Frame: Mask of the Lunar Eclipse atau di Jepang dikenal dengan nama Zero: Tsukihami no Kamen ini sempat mengundang rasa kecewa. Bukan dari sudut pandang gameplay yang tidak bagus, namum karena saat game ini keluar tidak menyertakan dan tidak akan direncanakan dirilis dalam bahasa Inggris. Untuk mengobati rasa kecewa ini, beberapa penggemar beratnya telah membuat hasil terjemahannya dan bahkan telah diluncurkan sebuah patch yang secara otomatis merubah bahasa dalam game tersebut menjadi Inggris.

Dalam mengendalikan permainan ini, Anda akan menggunakan Wiimote. Untuk melihat area sekitar, Anda akan diminta untuk mengarahkan Wiimote ke arah yang diinginkan. Apabila menemukan sebersit cahaya warna biru, itu berarti ada barang yang bisa diambil. Atau lebih tepatnya, benda tersebut baru akan bercahaya apabila cahaya senter sempat mengenainya. Jadi, pastikan untuk selalu memeriksa sekeliling dengan seksama agar tidak ada benda yang ketinggalan.

Selain sebagai penggerak karakter dan juga penerang jalan, Wiimote ini juga bisa berfungsi sebagai alat untuk kabur dari hantu yang telah berhasil menangkap Anda. Saat ini terjadi, maka Anda harus menggerakkan wiimote tersebut sesuai dengan apa yang diberitahukan dalam game ini. Hal yang sama juga bisa dilakukan apabila sedang diserang oleh hantu. Dengan menggunakan kemampuan yang nantinya akan didapatkan dalam permainan, Anda bisa menghindar dari serangan hantu tersebut dan langsung menggunakannya untuk melarikan diri.

Seperti halnya pada game-game sebelumnya, Anda masih akan menggunakan kamera untuk mengalahkan hantu yang menyerang. Untuk item yang berfungsi sebagai pemulih dan roll film, itu semua bisa didapatkan di save point dengan cara membelinya. Bagi gamer yang ingin merasakan tantangan yang lebih mantap lagi, bisa mencoba untuk memainkan Nightmare Mode. Kenapa kami sebut menantang? Karena Anda tidak akan bisa membeli apapun disini.

Kembali ke permainan, untuk membeli item tersebut, tentunya akan membutuhkan penggantinya, yakni poin yang bisa didapatkan dari mengalahkan musuh. Apabila berhasil menekan tombol shutter pada waktu yang tepat, Anda akan menghasilkan Fatal Frame. Fatal Frame ini akan menghasilkan damage yang sangat besar terhadap hantu yang ada. Tentu saja poin yang didapatkan juga akan semakin banyak.

Selain bertemu dengan hantu agresif, Anda juga akan menemukan beberapa hantu yang tidak agresif. Hantu tipe ini tidak akan menyerang dan biasanya mereka hanya akan muncul dengan cara yang mengejutkan. Tapi selebihnya, mereka tidak akan melakukan apa-apa terhadap Anda. Fungsi dari keberadaan hantu tersebut hanyalah untuk melengkapi daftar hantu atau untuk mendapatkan sebuah fitur bagi kamera yang disebut Festival. Fitur ini akan muncul setelah daftar hantu Anda benar-benar lengkap!

Setelah berhasil menyelesaikan game ini sekali, Anda akan mendapatkan bonus seperti kostum, galeri dan juga sebuah mission mode. Dengan menyelesaikan misi-misi tersebut, Anda bisa mendapatkan lebih banyak lagi kostum rahasia yang bisa digunakan untuk mendandani karakter. Menarik bukan?

Dari segi cerita, game ini menawarkan sebuah jalan cerita yang cukup original dan jarang ada pada di game muncul belakangan ini. Mulai dari karakter, latar belakang cerita dan juga setting yang digunakan, bisa dikatakan semuanya baru. Satu elemen yang masih tetap sama adalah bahwa game ini masih melibatkan apa yang sering disebut orang sebagai sebuah ritual. Ironisnya, ritual ini sering sekali tidak berjalan sesuai keinginan dan itulah yang menjadi inti utama jalan cerita game ini. Selama permainan, Anda juga bisa mengendalikan beberapa karakter. Salah satu di antaranya bahkan hanya bersenjatakan sebuah lampu senter saja.

Dari segi suara dan musik, harus diakui dalam game ini, tidak akan terlalu menemukan musik sebagai pengantar permainan. Anda hanya akan menemukan suara-suara menyeramkan yang dan bisa menegakkan bulu kuduk, bahkan mungkin bisa membuat Anda terkejut dan melompat di tempat. Untuk urusan pengisi suara, semua pengisi suara bisa dikatakan telah melakukan tugasnya dengan sangat baik. Mereka bisa menunjukkan rasa takut mereka yang seakan-akan sedang berada di tempat asli.

Untuk ukuran sebuah game Wii, grafis game ini patut untuk diacungkan jempol. Tentu saja jangan dibandingkan dengan konsol seperti Xbox360 ataupun PS3. Namun secara keseluruhan semua grafis yang sajikan disini sangat mendetil dan berhasil membuat game ini memiliki atmosfer menyeramkan.

Sebagai penutup, memainkan game ini akan memberikan kesan tersendiri dari seri Fatal Frame. Dengan mekanisme permainan yang unik, jalan cerita yang seram dan sejumlah fitur-fitur lain yang diberikan, tentunya akan sayang sekali jika melewatkan seri yang satu ini, khususnya bila Anda adalah seorang penggemar sejati genre horror. (ash-tecmo)

Developer: Tecmo
Grasshopper Manufacture
Publisher: Nintendo
Designer: Shibata Makoto, Keisuke Kikuchi, Goichi Suda
Composer: Masafumi Takada
Series: Fatal Frame
Platform: Wii
Release date: Juli
Genre: Survival horror
Mode: Single-player
Rating: 16+
Media: Wii Optical Disc
Input methods: Wii Remote, Nunchuk

This entry was posted in Game and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s