Resident Evil

Resident Evil: Darkside Chronicles
 
Gamers tentunya sudah pernah memainkan game jenis arcade tembak menembak atau yang biasa disebut lightgun shooters. Contohnya adalah game seperti Time Crisis, The House of the Dead, Virtua Cop dan masih banyak lagi game lain yang sejenis. Kali ini Capcom telah merilis game di Nintendo Wii dengan menggunakan gaya permainan yang sama, berjudul Resident Evil: The Darkside Chronicles.

Bagi yang baru pertama kali mendengar nama tersebut, game ini adalah kelanjutan Resident Evil yang telah rilis sebelumnya, Resident Evil: Umbrella Chronicles. Darkside Chronicles, seperti pendahulunya, menceritakan beberapa seri Resident Evil sekaligus dalam satu permainan. Untuk yang kali ini, Anda akan mendapatkan petualangan dari Resident Evil 2, Resident Evil Code: Veronica dan sedikit prekuel dari Resident Evil 4.

Tidak seperti waralaba Resident Evil pada umumnya, dimana Anda harus memutar otak untuk memecahkan teka-teki atau mencari strategi yang tepat untuk menghadapi musuh tertentu, kali ini tugas Anda cukup menghabisi musuh sebelum musuh yang menghabisi Anda. Jadi, bisa dikatakan ini adalah sebuah game Resident Evil tapi dengan nuansa yang lebih berbeda.

Untuk mengendalikan permainan, Anda akan menggunakan Wii Remote sebagai senjata utama, dan Nunchuk akan digunakan sebagai sarana untuk melakukan pergantian senjata dengan mudah tanpa harus masuk lagi ke layar option.

Musuhnya? Seperti biasa, Anda akan berhadapan dengan beragam musuh yang pernah ada dalam Resident Evil. Mulai dari zombie, burung gagak, serangga mutasi, anjing zombie, tanaman-tanaman besar yang mematikan dan sudah pasti, bos-bos yang pernah kamu hadapi di seri sebelumnya seperti Willian atau Mr. X.

Selama permainan, Anda bisa menemukan banyak bonus yang bertebaran seperti peluru, tanaman obat, uang dan beberapa rahasia untuk menyempurnakan permainan ini. Bonus ini terdapat di dalam benda-benda yang seperti tong, lampu dan sebagainya. Game cukup seru untuk dimainkan berulang kali, karena dengan itu, Anda bisa mencoba untuk memperbaiki nilai yang telah diperoleh. Sekadar informasi, cara untuk mendapatkan nilai yang tinggi adalah dengan menembak musuh tepat di bagian kepala.

Fitur lain yang juga menarik adalah mode permainan multiplayer dimana Anda bisa bekerja sama dengan satu teman untuk menghabisi musuh dengan lebih mudah. Sayang, kita tidak bisa dengan mudah keluar masuk ke dalam permainan seperti halnya dalam Dead Space Extraction. Satu-satunya cara untuk bisa ikut berpartisipasi dalam satu sesi permainan hanyalah mengikuti permainan sejak awal.

Untuk masalah pengambilan sudut pandang kamera, buat gamers yang tidak terbiasa dengan permainan sejenis tentunya akan merasa sedikit pusing, karena kali ini, Capcom menggunakan sudut pandang dari karakter yang kita gunakan secara langsung. Jadi, apabila Anda terjatuh, maka sudut pandang tanah yang akan kelihatan atau apapun itu yang ada di dekat kamu. Tapi hal tersebut bukanlah suatu masalah yang dapat mengalihkan perhatian Anda untuk berhenti memainkannya.

Urusan grafis, seri ini menawarkan grafis terbaik yang bisa ditawarkan oleh sebuah game yang ada di konsol Nintendo. Grafis yang ditawarkan benar terlihat halus, atmosfer ketegangan yang diberikan juga cukup terasa dan bisa membuat Anda akan selalu waspada menanti apa yang akan muncul setelahnya.

Dalam perjalanan peyelesaian misi, Anda masih bisa memainkan salah satu misi rahasia yang pernah dimunculkan dalam Resident Evil 2, yakni Tofu. Sesuai dengan namanya, Anda akan mencoba kabur dari Raccoon City yang telah dijajah oleh tahu. Sebuah game yang unik dan menghibur, ini sangat cocok dimainkan apabila Anda sudah bosan berhadapan dengan zombie yang menyebalkan. Tapi jangan mengira bila berhadapan dengan tahu Anda bisa lebih santai, justru sebaliknya, dalam mode ini, musuh dalam bentuk tahu sangatlah agresif.

Sebagai penutup, untuk para gamers pecinta seri Resident Evil, game ini cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap jalan cerita Resident Evil secara keseluruhan. Disini, Anda akan menemukan beberapa jalan cerita yang tidak akan pernah Anda lihat sebelumnya dalam game-game originalnya. Dan yakinlah, gamers tidak akan kecewa memainkannya. (ash-CAPCOM)

Release Date: November 2009
ESRB Rating: Mature (Dewasa)
Genre: Arcade Shooter
Publisher: Capcom
Developer: Cavia Inc.
Console: Wii

This entry was posted in Game and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s