Soul Calibur

Soul Calibur: Broken Destiny
 
Kembali sekitar satu tahun yang lalu, rilis Soul Calibur IV untuk Xbox 360 dan PlayStation 3 merupakan sesuatu yang luar biasa. Soul Calibur yang berawal mula dari Soul Edge telah menjadi suatu game fighting bersenjata terbaik yang pernah ada.

Dengan menghadirkan setting abad pertengahan, karakter-karakter unik dan gameplay yang mengasyikkan, Namco telah sukses dalam mengemas serial game ini mulai dari Soul Edge/Blade untuk Arcade dan PSX, hingga Soul Calibur IV yang rilis next-gen untuk PS3 dan Xbox 360.

Game ini tidak lagi tidak lagi menampilkan perluasan pada cerita dan gameplay-nya, Project Soul sebagai pengembang dari Soul Calibur pun telah sempat menghadirkan sejumlah karakter dari luar sejarah Soul Calibur ke dalam beberapa game terakhir Soul Calibur, di antaranya: Heihachi dari Tekken, Link dari The Legend of Zelda, Spawn, The Apprentice, Darth Vader dan Yoda dari Star Wars, dan yang paling baru, Kratos dari God of War.

Kalau Anda sempat memainkan Soul Calibur IV, Anda pasti tidak akan asing lagi dengan game ini. mekanisme pertarungan serta fitur dari game portable ini menyerupai versi next-gennya, namun dengan sejumlah perbedaan yang cukup menegaskan. Di dalam game ini akan ditemukan beberapa mode yang bisa dimainkan: Quick Match, The Gauntlet, Trials, Versus, dan Training.

Quick Match merupakan mode pertarungan bagi kamu yang ingin menguji seberapa jauh kebolehan kamu dalam bertarung. Lebih dari sekedar exhibition mode yang umum ditemukan pada game-game fighting, Quick Match di Broken Destiny ini memungkinkan untuk memilih lawan berdasarkan Ghost Data yang telah tersedia di Battle Lobby dan bertarung dalam tiga round.

Tingkat kesulitan pada mode ini diatur berdasarkan statistik menang/kalah yang bisa dilihat pada namanya. Dengan memainkan mode ini juga akan mendapatkan title tertentu yang bisa dipakai untuk Versus Mode.

Setelah Quick Match, The Gauntlet merupakan mode kedua yang bisa Anda dapatkan. Mode ini merupakan kemasan baru dari tutorial yang umumnya ditemukan di genre game fighting. Dalam mode ini Anda harus berhasil melakukan perintah-perintah tertentu agar bisa lanjut ke chapter selanjutnya. The Gauntlet ini terbagi ke dalam 34 chapter yang dikemas dengan unsur cerita sebagai pengantarnya.

Patut disayangkan bahwa Story Mode ditiadakan kali ini. Jadi, tidak ada sederet pertarungan di game ini yang harus diselesaikan untuk bisa menemukan kelanjutan petualangan Kilik ataupun Nightmare. Sebagai ganti dari Arcade Mode, Trials akan menguji kebolehan Anda dalam tiga jenis trial: Trial of Attack, Trial of Defense, dan Endless Trial. Masing-masing dari trial tersebut memiliki aturan yang berbeda sesuai dengan namanya, dengan beragam reward seperti senjata atau equipment.

Yang kembali mendapat tempat khusus di game ini adalah fitur Creation dimana Anda bisa berkreasi dalam membuat karakter sendiri. Seperti halnya yang sudah ada di Soul Calibur IV, di Broken Destiny ini Anda juga bisa membuat karakter original sendiri ataupun melakukan custom terhadap karakter yang sudah ada. Fitur ini pastinya merupakan fitur yang cukup difavoritkan untuk menyalurkan kreativitas para gamers.

Uniknya, disini Anda dapat membuat foto untuk tampilan karakter yang diperlihatkan sebelum bertarung, dengan pose, frame, serta background yang bisa kamu diatur. Total 16 karakter custom yang bisa dibuat kali ini.

Mekanisme pertarungan dari game ini bisa dibilang sama dengan Soul Calibur IV. Mulai dari layout kontrol yang sama (minus dua shoulder button), ring out, sampai pada fitur Soul Gauge-nya. Sekadar mengingatkan Soul Gauge ini merupakan lingkaran yang berada di sebelah health bar karakter. Apabila terus menerus terkena serangan, armor akan berpotensi hancur.

Berbicara mengenai jumlah karakternya, Broken Destiny menghadirkan 28 karakter yang didominasi dari karakter-karakter yang sudah kamu lihat di Soul Calibur IV dengan dua wajah baru yaitu seorang karakter baru bernama Dampierre dan Kratos, sang God of War sebagai bintang tamunya. Dampierre, aristokrat nyentrik bersenjatakan pisau di tangan yang punya gaya bertarung cukup konyol.

Bisa dikategorikan konyol dengan Critical Finish-nya yang memperlihatkan tampilan karakter ini memelas demi mendapatkan sekeping koin emas dari musuh. Karakter satunya yang sudah tidak asing lagi, Kratos, kembali dibekali dengan Blade of Chaos dan sejumlah jurus yang merupakan saduran dari game orisinilnya. Penyertaan Kratos di dalam susunan karakter Soul Calibur ini tentunya bisa dibilang cukup cocok, dan lebih masuk akal apabila dibandingkan dengan ketiga pengguna lightsaber di game sebelumnya.

Seperti halnya yang ada di versi next-gen, grafis yang indah merupakan salah satu unsure utama untuk memainkan game. Begitu mulai memainkan game ini, Anda akan langsung disambut dengan opening movie yang keren, dan pastinya tidak bisa ditemukan di handheld lain. Tampilan karakter in-game pun digambarkan dengan baik dan mendetil.

Begitupun fitur custom-nya yang memungkinkan untuk melakukan kreasi dengan cukup detil. Arena yang ada juga merupakan stage yang sudah pernah temui di Soul Calibur IV plus sedikit pergantian suasana sebagai pembeda. Walaupun masih ada sejumlah keterbatasan grafis di dalamnya. Sebagai tambahan, The Gauntlet menyajikan tampilan karakter-karakter dengan gaya anime yang lucu dan cukup kocak.

Berbicara mengenai kualitas suara dari game ini, bisa dibilang masih seperti Soul Calibur yang biasanya. Versi ini juga bisa memilih voice acting dalam bahasa Jepang dan Inggris. Uniknya, dengan adanya fitur ini maka kamu bisa mendengar suara Kratos dalam bahasa Jepang di game ini. Sesuatu yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Sebagai penutup, pengalaman bermain yang hampir menyamai versi home console-nya bisa Anda rasakan kembali di PSP, plus dengan beberapa nilai eksklusif yang mutlak menjadi milik Broken Destiny. Hal ini mungkin bisa dimaklumi bahwa Broken Destiny merupakan Soul Calibur yang diciptakan untuk menarik perhatian kalangan casual serta pemula.

Di samping bisa merasakan sejumlah fitur yang sudah terlebih dahulu ada di konsol next-gen, disini Anda juga bisa bertemu dengan kedua karakter yang tidak bisa kamu temukan di Soul Calibur manapun. (ash-NAMCO)

Developer: Namco (Project Soul)
Publisher: Namco Bandai
Platform: PlayStation Portable (PSP)
Release date: Japan: August 2009,
US, Europe, Australia: September 2009
Genre: Fighting
Mode: Single-player, Multiplayer
Rating ESRB: T (Teen)
Media: UMD, Digital Download
System requirements: PSP Firmware v5.55

This entry was posted in Game and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s